Rabu, 15 Agustus 2012

ARGOPURO - The Natural Forest


Entah ada apa dengan hari ini....

Musik disco nan kencang, segelas blackcurrent ditambah dengan kentalnya rasa eneknya susu, meja dengan nomor dua belas serta sofa hitam nan empuk menjadi temanku sore ini.
Sebelum memutuskan kesini dan memilih untuk menulis sesuatu di blog ini hatiku sedang tak berarah, namun ada sedikit kelegaan karena draft skripsi sudah kuberikan pada dosen pembimbing. Syukurlah....setidaknya hari ini tidak begitu buruk.....


Aku sedang berusaha tidak ingin terkotak dalam pikiranku sendiri, yaa....lagii..lagii...
Aku mau cerita sedikit cyb..

Bahwa saat awal aku memutuskan membuat blog ini, aku berkomitmen menjadikan blog ini sebagai "BLOG ANTI SASTRA" pada awalnya. Aku hanya akan menulis tentang kisah-kisah perjalanan yang pernah kujumpai. Tapi..... Akh!!

Memang lain dihati lain pula di relung hati...hati dalam hati.....! hrrrrrhh...sudahlah, aku ingin melepas rindu saja dengan beberapa isi folder dalam hardisk setengah bejatku ini dengan teman-temanku...


15 Januari 2008

adalah hari dimana kita pada saat itu kami memutuskan untuk pergi ke Gunung Semeru-Ranu Kumbolo tepatnya, tapi pada saat kami sudah berkumpul dan bersiap berangkat ternyata Tuhan berkehendak lain cyb ...
Gunung Semeru sedang ditutup karena kemarin hari baru saja mengeluarkan lava dingin. Yup! seketika kami kecewa!
Namun, akirnya seorang teman kami berkata; "Okey! kita pindah haluan saja!!"
Serentak kami semua berkata: "Ayoookkkk wesss!!! kesuwenn!! Kemana kita???"
Seorang teman kami berkata: "ARGOPURO yukkk???!!!!"
Serentak pula kami berkata: "Budaalll!!!!"

Akhirnya tanpa berpikir panjang kamipun berangkat menuju terminal Arjosari, Malang dan tujuan kami berubah menjadi "Probolinggo".
Namun ditengah perjalanan, saya baru sadar ketika usai bertanya pada teman saya;
"Iki arek-arek wes podho onok sing tau nang Argopuro to??!!" ("Ini anak-anak sudah pada pernah pergi ke Argopuro kan?")
"Aku dewe yo gak ero mac!!" jawab temanku. ("Aku sendiri juga tidak tahu..!")

Seketika itu saya merasa tercetuk bagai di ketuk palu, ternyata rombongan kami ini satupun belum pernah ada yang pernah pergi ke Gunung Argopuro sebelumnya, dan kamipun hanya bisa................

TERTAWA .......Haaa...haaa....ha.......

Tak ada satupun dari kami yang tau arah jalan, tapi tetap saja berangkat dengan bermodal mulut, isi kantong dan GPS..wkwkwkwk...

Dan...

Sampailah kita di terminal Probolinggo, lupa aku namanya. Yang kuingat terminal ini sangatlah pesing sekali... Akh!!! Terminall macam apa ini bauuukkknya mengocok isi kepala betul..!!!
Sesampainya kita di terminal Probolinggo dengan sambutan hangat dari aroma air seni, tenyata setelah kami bertanya bis menuju Gunung Argopuro tidak ada yang berangkat malam, hanya ada pagi jam 4 subuh. Sementara kami semua sampai di terminal Probolinggo kalau ndak salah kam delapan malam.!

Jadi, kesimpulannya!!!
Yup!!! beginilah....................
Sesaat menaruh letih di pinggiran terminal :)
 Yahaayy...siapakah diantara kalian yang pernah ngemper di terminal?? Pasti adalah kalo cuma ngemper, tapi kalo sampek tidur dan ngemper gimana cyb??? Jijik yaa pasti...hihihhiii..
Tapi dari sini saya bisa belajar sesuatu cyb, bahwa gak selamanya hidup itu enak dan indah..terkadang kita harus bisa seperti anak jalanan yang sebenarnya jauh lebih kuat dan bertahan dalam menghadapi beratnya hidup..hehee...

Syukurlah...Sang Surya datang juga...akhirnya kita pun beranjak dari tempat yang pernah menjadi sandaran kepala kami selama semalam, terminal bau pesing Probolinggo...ehehe.

Cikicuww..
Yuhawww....!!

Setelah selesai sarapan, kita langsung gowesss ke terminal lagi untuk transit bis menuju Argopuro..hehee..
Ini terminal baru yang bisnya juga masih belum begitu banyak berhenti disini, dan jam datengnya juga tepat jam 6 ato jam 5 gitu pokoknya on time banget ditambah jumlah bangjku yang terbatas bangettt...Seruu siihh...:))
Terminal Baru Probolinggo


Hokayyy..setelah kita berangkat, samapilah kita pada pos perijinan. Yup! dimana-mana kalau ke tempat baru atau mau ke tempat orang pasti harus ijin dong samalah kalau mau tiap kali ke gunung, ke hutan harus pamit dulu ama penunggunya, baik penunggunya mahkluk halus ato bukan..:)


Ijin selesai, poto with pak police :)

Inilah sekilas mengenai perjalanan kami menuju Taman Hidup- Argopuro.
Awal perjalanan kami empat tahun yang lalu bersama-sama. Aku rinduu temannn...hiks...:'(

Perjalanan menuju Taman Hidup-Argopuro cukup menyenangkan karena track awal masih tanah yang mulus dan bener-bener ada jalurnya. Baru berapa km aja jalan uda disambut hutan-hutan pinus yang cantik dan seksi kayak si penulis..hehee...


Here we go........
a beautiful pine forest :)
Eh! tapi ada yang menarik pandanganku ni cyb , disebelah hutan-hutan pinus ada pepohonan yang selama saya hidup di dunia baru pertama kali lihat ini jenis pohon..
Pohon tanpa nama
Ini pohon apa?

Adakah yang tau itu pohon apa? Dari bentuknya lumayan merinding si pas lewat ni kawasan hutan. Bentuk pohonnya kayak cewek-cewek kalau lagi nari gitu ya..
Ya..ya..sambil terus mengikuti arah jalan karena ingat ya, ni ceritanya kami sama sekali belum pernah tau ke Argopuro..hehehe...
Untunglah aku bawa GPS punya kampus..hehee, setidaknya mengurangi tingkat kesasar yang tinggi..hehee. Jalanan awal menuju Argopuro via kampung warga ini masih baguslah jalannya, tapi setelah itu..huhuuu...
Bener-bener berasa outbond level 4 dari 5lah kalau ke Argopuro nih, apalagi yang baru pertama kali datang. Ditambah ini posisi pendakian sepertinya ke arah timur, hutannya basah, kanopi pohon yang super lebar jadi nya sinar matahari pada kayak kehambat gitu masuk..

Bener deh...selama tracking gak lama hujan, ulet bulu ditambah pacet (lintah kecil2) selalu menemani kami sepanjang arah perjalanan. Beruntunglah dari kami semua cuma aku yang gak bawak jas hujan...hahhaa...

Breaking down :D
Caterpillars (about 13cm)










Ni kita nemu ulat bulu yang panjangnya kira-kira hampir 15cm. Aduuuu buyunggg....#jauh2.
Ini hutan benar-benar kaya biodiversitasnya cyb..
Tapi ya begitulah, harus siap-siap berdarah-darah sedikitlah... :)

Itu yang sebelah kanan, wajah orang-orang. Ada yang paling melas tu paling bawah, lihat wajahnya pasti dalam hati uda manggil-manggil "emakkk...!! rindu kasur, rindu kosan, pengen pulangggg.....!!" hahahaa..

Semangat gie!!
Akhirnya kami tersesat....Ayo mainkan GPS !!! >_<"
dan kabutpun turun, hujan bersiap datang..:(

finally the rain came..

Medan tracking menuju Argopuro, karena kita pemula dalam mengunjungi ini tempat kita terdampar pada areal tracking yang ancur dan tak bertekstur. Ditambah hujan yang turun, sinyal dari satelit sama sekali tidak nyampek ke GPS kami dan air pun mengalir ke arah kami.
Jadi kayak melawan arus gitu, jadi pada mahkluk gitu nempel2 ke badan2 kami..
Tapi bersyukur deh akhirnya kita sampai juga....

 
Basah, berantakan tapi hati senang :)
Kabut Argopuro :)

Sesampainya kita di Taman Hidup, kita bebersih badan daan memang banyak pacet yang nempel2 nyedotin darah kita di areal tubuh kita cyb...wuyuuuu...!
Tapi karena ini mendung dan sehabis hujan, jadi kita belum begitu bisa tenang menikmati pemandangan gunung...

Selanjutnya,..
Breakfast time!
Yuk kita lihat suasana Taman HIdup-Argopuro di pagi hari cyb..
Inilah secuplik mengenai Taman Hidup-Argopuro. Aku berfikir terus sih sebenernya, kenapa ini  daerah dinamain Taman Hidup cyb..

Entar deh...
Lihat-lihat aja dulu pemandangan disini. Mana tahu tertarik kan bisa langsung berkunjung kesini cyb skalian buat bagusin badan biar gak dibuat tidur terus tuh anak muda..hehehe...




Hi there Agopuro :)
Blue...blue and Blueee!!! ^__^
Green, Blue, Sun and me at the moment inside :)




































I miss you really friends... :'(

Benar-benar merindukan mereka semua.. Semua sudah pada sibuk, calon-calon orang kaya semua tuh. Iuuh...memang semua ada masanya...huhuu.. #mendadaksedih..

Lanjut!!
Taman Hidup-Argopuro
Garden oh Garden..

Ada satu cerita disini cyb mengenai kabut Argopuro. Waktu kami berteriak-teriak saking senengnya, secerah apapun cuaca pasti kabut langsung dateng loh.. *benerann!
Ternyata memang kalo lagi di Argopuro tu gak boleh teriak2 sembarangan, karena kabut akan langsung datang.

Ceritanya juga sih ini Gunung angker, dulu sempat jadi pangkalan udara juga sih denger2 gosipnya.
Tapi yaa gitu juga, ini danau juga uda lumayan tercemar akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab, entah yang pipis sembaranganlah, trus coret-coret kayu-kayu pendopo yang ada di tengah taman. Akh! jadi mengurangi nilai estetika petualang ajah tu orang-orang..! huh!

Okey, sementara segini dulu ya cyb ceritanya. Entar aku tambahin lagi, aku lagi mau masak dulu..hehehe..
POto terakhir episode kalli ini..:

Kabut Argopuro

SALAM CINTA IBU PERTIWI!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar