Selasa, 27 September 2011

RANU KUMBOLO, Semeru Mountain -- East Java INDONESIA

Lumajang, 8 Juli 2011

Hari itu adalah hari yang indah buat saya, karena saya hendak pergi hiking bersama teman-teman satu radio di kampus saya..
Perjalanan melintasi waktu hanya untuk melihat sebingkai keindahan saatnya dimulai............!

1) Kami naik angkot untuk sampai ke Tumpang. Yaa..carter angkot habis sekitar IDR 75000.
Nyampe di lokasi kita persiapan packing dan menata logistik biar lebih rapi lagi selama lebih kurang 2 jam sambil nunggu truk dateng. Dann waktu menunjukkan pukul 9.27PM akhirnya.... "DONE!!" Siappp capcuuss..wuueee..^__^

Action dulu sebelum naik trukk....(^__^)


Tik.tik..bukan hujan rintik-rintik, tapi waktu terus berdetik.. 09.30PM kita naik truk untuk terus melaju ke tujuan yang dinanti-nanti.
Dan perlu anda ketahui nih para cybers, saya bukan anak Mapala karna banyak banget yang bilang begituan ke saya. Padahal saya cuma anak mahasiswa biasa..hehee..
Temen-temen saya yang juga ikut nih..basicly anak-anak baik yang gak suka keluyuran kayak saya..huuuemm..brati saya memberi virus keburukan ya buat mereka???? hahahaha.. Biarlah..!

Kami ber-8 nih yang mau pergi ke Semeru, dan mereka semua adalah seorang announcers radio kampus saya, termasuk saya juga sih..hehehe.
Senangnya bisa berhasil mengajak mereka pergi-pergi ke daerah-daerah gunung, gak cuma ke mal karena mereka semua lebih suka diajak nonton dan shoping di Town Square gitu..hehee..*peace out pren..^__^

Dan ini bukan kali pertama, anak-anak radio pergi ke daerah gunung, tapi udah ke 4 kali nya lho...
*kemajuaaan pesaatt nih anak-anak radio mau diajak susah..!! hahahhaa..

Biaya naik truk dari Tumpang ke Ranu Pani IDR 30000 per orang cyb..

dan ini waktu dalam kondisi dalam truk, pada nahan kedinginan semua...

Bener-bener dingin waktu dalam truk, tapi benar sungguh deh pemandangan langitnya waktu kita ada di dalem truk indaaaahhhh sekaliiiii.....
Semua bintang-bintang keliatan, gak ada yang malu-malu ke kita..bulan pun juga..ahh..jadi suasana curhat di dalem truk muncullah...=)

Nyampek juga dehhh setelah hampir 3 jam...uhuyyy....(^__^)
11.16PM kita sampailah di lokasi pertama.."RANU PANI" namanya, dan kita harus istirahat dulu di pondok, karena tengah malem begini loket administrasi SEMERU nya jelas udah tutuplah.
Wuhuw!! gonna back!


tapi saya harus mendokumentasikan yang satu ini..!!


Foto disamping adalah daftar nama-nama korban yang mengalami kecelakaan saat pendakian ke Gunung Semeru, dengan rincian sebagai berikut;

* 3 orang hilang / tidak ditemukan
* 27 orang meninggal dunia
* 16 orang luka-luka
* 7 orang selamat

Makanya buat para cybers, harus persiapan matang, baik mental, fisik trus sehat batin, jasmani dan rohani kalau mau ndaki Gunung Semeru, biar semua berjalan lancarrr....

dan kalau mau tau nih para cybers,siapa nama korban pertama saat pendakian di Gunung Semeru, Jawa Timur adalah.....:
Daftar Nama korban pendakian Gunung Semeru
Suhoghi alias "Soe Hok Gie" dan "Idhan Lubis"

Cybers...saya yakin pasti semua sudah pernah lihat film " GIE " yang diperankan oleh Nicholas Saputra...hmmm...saya juga merupakan salah satu pengagum dari beliau.
Ditambah yang ada dalam pikiran saya seorang Gie adalah Nicholas Saputra..haaiiss...hehee..

Saya jadi ingin sedikit mengulas dari hasil browsing saya, dan teman-teman bisa mendalami sosok Gie yang patut kita contoh karena rasa cintanya terhadap "Bangsa Indonesia".

Soe Hok Gie adalah seorang mahasiswa jurusan Sejarah, Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Beliau adalah seorang yang bersuku Tionghoa Indonesia dan merupakan seorang aktivis muda yang berpendirian teguh dan sangat mencintai Indonesia.
Kalau lihat cerita di filmnya, Gie akan selalu naik gunung setiap kali dia galau mikirin "Indonesia" hahhaa..beda ya ma kita...kalau galau langsung update status..hehehe..

Kalau berdasarkan cerita yang saya dapat, Gie menyelesaikan kuliahnya selama 7 tahun lho..wow.. aktivis sekaleeyy..dan salah seorang Mapala Universitas Indonesia.

Gie rajin untuk menulis setiap perjalanan hidupnya dalam buku hariannya cyb...
Sayangnya beliau meninggal saat berada di Gunung Semeru, namun banyak pihak yang juga masih membingungkan akan kematian dari Gie. Ada yang bilang kalau Gie hilang, ada yang bilang lagi kalau beliau mati karena kecelakaan saat turun dari gunung Semeru.

Tapi..ini saya kasih tahu dokumentasi kebenarannya, bahwa Gie meninggal karena keracunan gas yang ada di Mahameru, dan adalah seorang bapak bernama " Bapak Tumari " yang ikut serta mengevakuasi jenasah dari Soe Hok Gie dan Idhan Lubis, sahabatnya pada tanggal 16 Desember 1969.

Napak Tilas Gie.

John Maxwell menulis biografi Soe Hok Gie dengan judul Soe Hok Gie - A Biography of A Young Indonesian Intellectual (Australian National University, 1997).
Pada tahun 2005, catatan hariannya menjadi dasar bagi film yang disutradarai Riri Riza, Gie, dengan Nicholas Saputra berperan sebagai Hok Gie.

Gie meninggal, sehari sebelum hari ulang tahunnya..wuahh..baru sadar berarti sama dengan hari ulang tahun kekasih saya. Pantas sajaa dia sangat mengidolakan Gie..hahaha..=)

Dan..berikut adalah secuplik jepretan panorama Ranu Pani, Gunung Semeru Jawa Timur..
Ranu Pani dari pendopo.

Sun rise.. :)

Ranu Pani :)


Saya bilang bahwa memang Tuhan berjiwa seni tinggi sekali ya...huhuhu...
Pagi yang indah disertai dengan kondisi tubuh yang kedinginan, dan tubuh harus bisa menyesuaikan..
Langsungg deh kita pergi menuju "Warung Mahameru" deket pondok sebelum melanjutkan perjalanan. Pagi-pagi sarapan rawon, harganya IDR 10000 lumayanlah...sambelnya mantappp cingg...hehhee..*lupa gak kefoto sih..
Sarapan dong...

habis makan...caringg dulu lah sekalian pemanasann...ehehhehee
Hangatnya mentari.

and.....this is it...
Time to go...................
Berangkat..

akhirnya disambut juga nih...
Welcome.

Perjalanan yang cukup menguras energi memang, kita berjalan menyusuri hutan dan jalan-jalan setapak selama hampir lebih dari 5 jam, karena lumayan sering berhenti untuk istirahat..he..he...
Tapi saya sarankan buat para cybers yang lagi ingin mendaki Semeru jangan lupa pemanasan dulu ya biar gak gampang capek kayak kita....panass lagi cuacanya, tapi ceraaah sekalii...kabut jarang dateng waktu kita mendaki kemarin...^__^

*break bentar woyyy...

bersyukur akhirnya nemu jalan yang cantik....^__^

beberapa jam kemudian.......

akhirnya sampai juga...Danau yang jernih mulai terlihat dan serasa capek terbayar...
Senangg....tapi.....*ciiiitt!
Langkahku terhenti........

Ahh..saya langsung tertegun sedih sekali ketika lelah saya sampai juga pada lokasi Ranu Kumbolo yang ditunggu-tunggu...
Kedatangan kami disambut dengan pemandangan indah bercampur pemandangan miris yang sesak sekali jika trus kulihat dari kejauhan...

Inilah faktanya yang terjadi...

8 Juli 2011

Akh!
Hampir habis!

Kebakaran!
Kebakaran Hutan..!!!

Burn!!!

ARRRRHHH.........!!! Emosiii melihatnya..!! ulah manusia macam apa ini..?!
Sediih..syokh campur-campur..rasa senang jadi luntur ketika melihat pemandangan indah yang cacat...

Hmmm..rasanya seneng campur sedih waktu udah nyampek Ranu Kumbolo...

Lebih sedih lagi saya karena saya tak bisa berbuat apa-apa selain hanya terpaku melihat kenyataan yang terjadi pada hutan saya..huhuhuu...

Padahal rencana awal saya sejak mau berangkat, saya janji akan nulis cerita yang bagus mengenai Semeru, tapii....hmmm...jadi berasa gak semangat lagi....hmm..

Tapi saya tetap akan mencoba menceritakannya dalam blog saya ini cyb...

Kronologis kejadiannya, kami sampai sekitar hampir jam 1 siangan, dan kejadian kebakaran hutan terjadi pukul jam 12 siang. Bayangin aja dalam waktu sejam aja bisa melahap habis hutan segitu luasnya...arhh..

Dari informasi yang saya dapat sih, kejadian kebakaran hutan yang tepat berawal di Tanjakan Cinta itu karena ulah dari beberapa pendaki terakhir yang tidak bertanggung jawab. Mereka membakar sampah tanpa dimatikan trus ditinggal..iihh...ceroboh!!

Saking emosinya, sewaktu perjalanan kami berpapasan dengan pendaki dari Malaysia. 18 pendaki dari Malaysia dan hanya 3 orang yang sampai di Mahameru, otomatis! pemikiran saya 3 orang tuh yang balik terakhir waktu kita sampai di Ranu Kumbolo..!!

*uuuh..langsung deh dalam hati saya klaim, "pasti Malay nih yang bakar hutan!!!!"
Gak perduli benar atau salah saya jadi semakin malas dengan aroma malaysia!
Waktu kita sampai Ranu Kumbolo, beberapa menit kemudian nyampe juga teman-teman pendaki dari Jakarta, dan mereka sama bilang;
" Wah...kebakaran yah?? ulah Malaysia nih pasti!!"

SETUJUUUUUUU!!!!!!!!!!

Arrhh...Malay nih gak cuma tukang ngeklaim, tapi tukang bakar hutan Indonesia aja kerjaannya..!
Kasian mreka gak punya alam sebagus Indonesia sih kali ya...
Makanya nih cybers...gimana upaya kita supaya selalu melestarikan lingkungan, trus juga Hutan dan Rimba..uh...tuh Payung Kehidupan buat para mahkluk hidup - baca nada saya yang lagi mangkel iki yo..!

Bayangin aja...Kebakaran ini udah mematikan berapa ekor mahkluk hidup..uh..belum lagi asapnya bisa nambah stock carbon buat makin panaassss....

Arh,.....

Alamku sayang..Alamku malang.....;'( Tapi cyb..
kita gak boleh sedih teruss ah..capek nulis kalau sedih terus ceritanya, ini saya kasih beberapa panorama yang sangat sungguh indah dari pemandangan Gunung Semeru, dan kalian jangan cuma lihat aja, haruss dateng berkunjung ke sini..!!!
Beauty shoot! :)

Ranu Kumbolo yang aneh.........

Oro-Ombo saat Kebakar!!
foto diatas adalah foto Oro-Oro Ombo hasil kebakaran semalam..sebelum kebakaran gambarnya seperti ini (saya ambil dari internet) :
Oro-Oro Ombo

Tanjakan Cinta

Climb Love Ranu Kumbolo was burning




Padang Rumput - Bukit Teletubbies Ranu Kumbolo


Scenery of Ranu Kumbolo - Semeru Mountain Indonesia




Jika kau pemuda atau pemudi lahir di sebuah negara bernama "Indonesia", lari dan bawa ranselmu..
dakilah Gunung-Gunung Api Nusantaramu, ciumlah segar aroma Tanahmu, belailah padang rumput dan potretlah keperkasaan Hutan-Hutan Rimbamu...

Karena ini IBU Pertiwimu, Karya Terbesarr dari Tuhanmu untuk k-a-m-u...





Beste groete,

Mega





8 komentar:

  1. mhoooo. . .
    mana ndak bisa tak follow kok.
    owh ya nieh blogq follow yaaa???
    yamaona.blogspot.com
    uuuookkeeehhh

    *heyy kenapa fotoq gag ada yeee, posting di atas hahaha :D

    BalasHapus
  2. ehh..masik amateur nih awakk...
    ngapain pula aku posting potomu, kan ini blogku..yeeee....:P

    BalasHapus
  3. Wooowww,, keren banget. Kapan ya bisa menikmatinya dengan mata kepala sendiri.. :D

    BalasHapus
  4. ayooo...segeraaa Wujudkann kak!!! ^__^

    BalasHapus
  5. amazing!!!

    syg skali ada kebakaran
    itu bener manusia yg bakar?

    BalasHapus
  6. Iyauw mass..benerr manusia!
    Sediiihhh meeennnn...........:((

    BalasHapus
  7. Pingiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin..... kapan ya q bisa ke Puncak Mahameru..... dah lama pingiiiiiiiiiiiiin

    BalasHapus
  8. warung langganan tuh kalo ke semeru
    sambelnya emang jos :D

    BalasHapus