Minggu, 18 September 2011

PERTANIAN BERLANJUT ?

Selamat pagiiii cybers...
"Belum bisa terlepas dari jeratan asisten meng-asisten"...  fiuhh..


Yuppiyy..today isn't blue Monday..^__^
Baru saja mengawali hari Senin ini dengan blanja di pasar, dan juga sudah beres mandi..biasanya sulit bangun untuk mandi..he..hee...

Bisa juga mengisi blog di bulan September ini, walau masih penuh dengan kegeje'an..aaheeyy..
Tapi...taaa..pii...tee..taa..pii..
lagi...lagi ..teringat dengan sebuah tugas yang lumayan males untuk memikirkannya karna harus bertanggung jawab.

Sebut saja ----> "PERTANIAN BERLANJUT"
huakksss....selama kuliah belum pernah diajarkan mata kuliah dengan spesies tersebut diatas. Again..and again...untuk kesekian kalinya saya harus berhadapan dengan hal-hal ajaib yang tidak pernah saya tau dan dengar sebelumnya.

Hari ini saya harus kembali ngasisteni, padahal saya ini bukan orang pintarrrr...Arrrhh..
Hanya karena mungkin saya akrab dengan dosen mata kuliah terkain, jadi beginilah hasilnya. So, jangan terlalu akrab dengan orang ah..apalagi dosen...dimanpaatin ntar..hehee...

Tetapi,...
Harus "SUKARELA!" ---> Suka gak Suka Harus RELA!!!!
yah...mau apalagi..

kembali lagi..
kalau cuma dihadapi dengan "sambat tok ae" (mengeluh saja.red) kata orang Jawa, gak kan jadi indah dah nih hidup..
Karna harus rela, mau gak mau kan mesti belajar mengenai apa tuh Pertanian Berlanjut...haaaayuuuh..

Jadi....

apanya yang udah jadi?!!!%^&* yok po seh meg.mac..?!! nulisss opo ikihh??!!!
hehehe..biar donggg......ini kan blog saya..kok protesss..*njiplak kata-kata seorang kawan..

yuh..lanjutt..
sedikit mau share ma kamu cybers mengenai Pertanian Berlanjut yang barusan saya browsing dari kitab kakek Google.

Kalau membahas mengenai PB (bukan Point Blank loh ya!) selalu tidak terlepas dari yang namanya PT alias Pertanian Tradisional. Itu siihh..tadi yang sedikit aku baca..
Truss...
apa hubungannya coba..? maklum agak lo-lak emang saya..hehee..*so what gitu loh?! :D

Lanjut deh yang ke namanya "nurut-menurut saya"..
Menurut saya sih mengenai Pertanian Tradisional, itu lebih condong ke stakeholdernya, dalam hal ini masyarakatnya maksud saya. Dan jelas paradigma-nya toh..
Petani-petani mah menurut saya tidak ada yang tidak pintar menurut saya, malah lebih pintar sebenernya dari ahli-ahli Pertanian, cuma para akademisi pertanian biasa selalu ngerasa sok pintar dan lebih lebih pintar dari petani, padahal yang tau dan paham kondisi di lapang sesungguhnyaa siapa coba..
Harusnya memang lebih banyak belajar ke petani, walau kadang-kadang petani sukak berlebihan gitu kalau ditanya-tanyain..

"Paradigma petani tradisional dengan paradigma petani modern......" -----> SUSTAINABLE AGRICULTURE.

Bagaimana tuh menurut anda cybers, apa hubungannya..?
Pertanian...pertanian...
Indonesia...Indonesia...
Pertanian Indonesia...?hmm...banyak banget sekarang hiasannya dengan keluhan kalau melihat kondisi pertanian negara kita....(awass ada yang gak sepakat!)

Bagaimana kondisi pertanian Indonesia 10 tahun mendatang..??
Apakah semakin baik..atau malah semakin terpuruk dan buruk...??
Apakah memang pertanian sudah tidak dibutuhkan lagi di negara kita...??
Kalau masih butuh kenapa lahan pertanian dihabisin buat bikin home stay, hotel, apartemen, bahkan Mall??? -----> (Tanya KENAPA????)

Trus..sekarang anak-anak Fakultas Pertanian belajar Pertanian Berlanjut, pertanyaannya jadi gini deh;

Bisa berlanjut emang Pertanian..???


Kalau bisa gimana?
Kalau enggak gimana?

Kalau barusan dari yang saya baca, solusi dari PB cuma satu kok, apa coba...????

Solusinya Pertanian Berlanjut adalah......................................

"AGROFORESTRI"

Hahahahhahahaahhhahaa........
Baru tau nih saya..! GUBRAKKKK!!!!
Pantesan...pantesan....
Dosen saya ngotot minta saya jadi asisten, lha wong memang dia dosen yang jago di bidang Agroforestri...hahahaa...

Itu toh hubungannya...

Dari yang namanya apa itu "Petanian Berlanjut" ke yang namanya "Agroforestri..."

Brati kalau boleh saya tarik kesimpulan,
PB  = Problem
AG = Solution

Rumusnya gini..


PB (er + ki + ovpl )* lowtl = AG ( poH + Ju + cPbud )
dengan ketetapan AG = L

Keterangan, 
PB  : erosion, kimiaisme, over dosisnya penggunaan lahan, low-nya tutupan lahan
AG  : Pepohonan, tanaman hutan, cara pengelolaan berlandas kebudayaan penduduk setempat.
L     : LESTARI

DONE!!!
Iku ae wes engkok materi sing tak bagikan pas ngasisteni...hihihii...

Hakuna Matata...!!

God bless....
sarapan..sarapan....^___^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar